Jumat, 14 Mei 2010

Memoar Seorang Nomaden

Gue baru sadar kalau gue hidup pindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Setiap tempat menyimpan cerita, warna, bau tanah, dan perasaan yang berbeda-beda. Setiap tempat yang merupakan hasil kerja manusia, seperti manusia itu sendiri, punya takdirnya masing-masing. Gue gak bakalan bisa nemuin satu momen yang benar-benar persis sama di dua kota yang berbeda, impossible!!
Kalau lu jadi gue, lu bakal ngerasain senangnya petualangan pindah rumah di tempat baru, ketemu orang baru, bahasa, budaya, semua hal yang sama sekali berbeda dari diri lu sendiri. Tapi lu juga bakal ngerasa kehilangan yang dalem. Temen-temen lu yang ditinggal buru-buru tanpa bisa ngucapin "selamat tinggal", tempat makan yang lu senangi, semak-semak pohon tempat lu menghabiskan permainan masa kecil, bahkan...mungkin.....cinta
yang gak bisa lu ungkapin karena lu keburu pergi. Lu bisa pindah berkali-kali, kemanapun yang lu sukai, mencoba sesuatu yang baru dan menantang ke tempat-tempat paling ekstrim full pacu adrenalin di dalamnya. Lu bisa datang dan pergi. Tapi momen-momen, dan tempat-tempat yang menggores hati dengan tinta emas gak bakal bisa lu hapus gitu aja. Sebesar apapun lu pengin keliling jagad raya buat nemuin hal-hal baru, suatu saat lu bakal merasa hilang arah dan feeling lonely karena hal-hal yang berbau masa lalu yang lu tinggalkan.
Lu berpetualang terus, dimanapun dan kapanpun. Tapi suatu saat, suatu saat lu gak sengaja sadar diri kalau lu tuh harus stay di suatu tempat buat menghabiskan detik hidup yang terakhir, berbagi dengan orang-orang sekitar untuk yang terakhir kalinya, dan menghirup udara untuk terakhir kalinya. Saat itu lu bakal merasa kangen berat sama segala sesuatu yang lu pernah jumpai dalam hidup lu yang terus berpindah, dan berharap hidup lu bisa diperpanjang sedikit buat melihat kenangan-kenangan tersebut.
Gue gak nulis ini seperti gue nulis surat wasiat kematian, gue juga lagi gak berusaha harakiri. Satu yang gue rasa adalah gue kangen hidup gue yang gue tinggalin buru-buru tanpa sempet pamitan. Manfaatin aja waktu yang ada buat menikmati segala sesuatu di mana lu tinggal, lalu simpan sebanyak-banyaknya kenangan yang paling indah, so suatu saat lu bisa dengan yakin bilang: "Hidup ini dahsyat!!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar